Senin, 30 Maret 2015

Pertunjukan Musik Meningkatkan Aktivitas Gen

Berita Teknologi - Pertunjukan Musik Meningkatkan Aktivitas Gen diterbitkan March 30, 2015 at 05:49PM



INILAHCOM. Helsinki -- Sebuah penelitan menemukan bermain musik meningkatkan aktivitas gen yang berhubungan dengan memori, belajar, perilaku motorik, dan dopaminergik neurotransmisi.



Penelitian yang dilakukan kelompok riset di Helsinki, dan dipublikasikan ScienceDaily , melibatkan sejumlah musisi orkestra profesional dan mahasiswa musik.



"Temuan ini memberikan latar belakang yang berharga untuk studi molekular persepsi musik, evolusi, dan terapi musik," ujar Dr Irma Jarvela, pemimpin studi.



Kelompok ini meneliti efek bermain musik yang dilakukan para musisi selama konser dua jam tanpa henti. Peneliti menemukan beberapa gen diketahui lebih aktif terlibat dalam jalur biologis, seperti homeostasis ion kalsium dan homeostasis ion besi, yang penting untuk fungsi saraf dan kelangsungan hidup.



Pertunjukan musik terbukti merangsang perubahan fungsi dan struktural otak manusia, serta meningkatkan aktivitas kognitif.



Namun, masih menurut Jarvela, mekanisme molekuler dasar pertunjukan musik tidak pernah diteliti secara menyeluruh.



Beberapa gen yang diaktifkan oleh pertunjukan musik adalah SPMB, FOS dan DUSP1, yang berkontribusi terhadap persepsi dan produksi lagu, serta menunjukan konservasi evolusi dalam mekanisme molekuler produksi suara berbagai spesies.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman