Senin, 20 April 2015

BKPM Targetkan Investasi Hijau Tumbuh 20%

Berita BKPM Targetkan Investasi Hijau Tumbuh 20% diterbitkan April 20, 2015 at 05:07PM

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, yang menjadi tuan rumah penyelenggara Tropical Landscape Summit, mengatakan selama ini pemerintah sudah memberikan insentif untuk penanaman modal di berbagai sektor yang berpotensi menjadi investasi hijau.

“Namun memang belum secara spesifik. Tetapi trend pertumbuhan investasi hijau di Indonesia terus meningkat rata-rata sekitar 20% pertahun,”ungkapnya di Jakarta Senin (20/4/2015).

Franky menjelaskan, untuk tujuh kelompok bidang usaha yang berpotensi hijau  (pertanian, kehutanan, perikanan, pengusahaan tenaga panas bumi, industri pengolahan, pengadaan listrik, pengolahan sampah dan daur ulang) sejak 2010-2014, untuk PMA baru mencapai US$26,81 miliar dan PMDN Rp 139.173 miliar.

Potensi  investasi hijau periode 2010-2014  rata-rata bertumbuh sekitar 20% per tahun, dan proyeksi sampai 2015-2019 akan terus bertumbuh.

Oleh sebab itulah, kata Franky, dari pertemuan Tropical Landscape Summit ini  diharapkan akan terjadi dialog antara dunia usaha dengan pemerintah yang menghasilkan konsensus untuk meningkatkan komitmen terhadap pelaksanaan ekonomi hijau, termasuk mendorong pengembangan dan   pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

“Selain itu juga  menghasilkan konsensus tentang pendanaan hijau dan “menghijaukan” sektor keuangan dan ekonomi Indonesia dengan berbagi pengalaman, inisiatif dan gagasan antara sejumlah pelaku di berbagai sektor,” tambahnya. [jin]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman