Jumat, 27 Februari 2015

Pemerintah Berikan Pengelolaan Blok Mahakam 100%

Berita Pemerintah Berikan Pengelolaan Blok Mahakam 100% diterbitkan February 27, 2015 at 04:26PM





INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah siap memberikan sepenuhnya pengelolaan Blok Mahakam kepada PT Pertamina (Persero). Namun keputusan itu masih menunggu proposal kesanggupan Pertamina dalam menjaga produksi minyak dan gas bumi (migas) pada Blok yang berada di Kalimanran Timur (Kaltim) tersebut.



Ketua Tim Pengendalian Kinerja, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widyawan Prawiratmadja mengatakan penyerahan sepenuhnya pengelolaan Blok Mahakam agar perusahaan pelat merah itu bisa memaksimalkan perannya dalam mendukung produksi migas.



"Kami mau kasihnya ke Pertamina 100%. Termasuk pemerintah daerah. Aturannya kan enggak ada," jelas dia di Jakarta, Jumat (27/02/2015).



Bila pengelolaan Blok diserahkan, maka pemerintah memberikan hak sepenuhnya kepada Pertamina menunjuk partner. Dan proses penunjukkan ini diharapkan secara cepat agar produksi migas di Blok itu dapat stabil.



"Kalau bisa dari sekarang transisinya. Dia (Pertamina) kan dapat data. Sudah ke lapangan, minta ke SKK Migas. Tapi ini kan harusnya terus berlangusng. Makin cepat lebih baik," ujar dia.



Melalui proses penunjukkan partner, menurut dia, akan sangat cukup penting, apalagi sumur yang berada di Blok Mahakam sangat banyak. "Makin cepat lebih baik, keputusannya. Supaya Januari 2018 tahu apa yang dilakukan," ujar dia.



Kini, Blok Mahakam masih dalmam pengeloalan Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation. Sebelumnya perusahaan asal Prancis, Total telah menyampaikan proposal agar dilibatkan kembali. [aji]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman