Sabtu, 28 Februari 2015

Pertamina Dukung Distribusi Elpiji 3 KG Tertutup

Berita Pertamina Dukung Distribusi Elpiji 3 KG Tertutup diterbitkan February 28, 2015 at 03:45PM



<B>INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) siap mengimplementasikan distribusi tertutup produk elpiji 3kg. Itu bertujuan agar penyaluran komoditas subsidi pemeri>ntah itu bisa terarah dan tepat sassaran.</b



Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, akhir pekan ini memaparkan, kini perusahaan tengah melakukan pendalaman dengan melakukan pendataan terhadap setiap agen dan pangkalan. Bila pendataan ini rampung, papar dia, maka akan ada ujicoba lebih lanjut.



"Pertamina telah mendukung langkah pemerintah untuk mengawal distribusi elpiji 3kg agar bisa tepat sasaran. Langkah ini dengan menciptakan Sistem Monitoring elpiji 3kg atau biasa dikenal dengan SIMOL3K. Namun sayangnya, sistem pengawasan ini hanya sampai pada agen dan pangkalan," jelas dia.



Sementara di tingkat pengecer, itu sudah menjadi kewenangan pemerintah. "Untuk bantu distribusi tertutup, kami menerapkan Simolek. Distribusi tertutup sendiri akan diuji coba di pangkalan," terang dia.



Lantas ia menyadari penerapan distribusi tertutup untuk memotong kebocoran migrasi dan memberi kemudahan dalam menyalurkan elpiji 3 kg agar tepat sasaran. Saat ini ia menyebut, disparitas harga antara elpiji subsidi dan nonsubsidi sudah sangat besar.



Sementara itu, Plt Dirjen Migas, Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja menyamapaikan, penerapan distribusi elpiji tertutup akan berjalan tahun 2016. Kini, kata dia, pemerintah baru melakukan pilot project di beberapa daerah, yakni Malang dan Batam.



Impelementasi kebijakan itu, menurut dia, akan diintegrasikan dengan sistem kartu yang digunakan pula dalam program Presiden Joko Widodo. Tanpa menunjukkan kartu, konsumen tidak bisa memblei elpiji 3kg.



"Dipastikan ini akan mengurangi kebocoran penggunaan elpiji 3kg di kalangan menengah ke atas. Jadi yang membeli diapstikan orang-orang yang benar membutuhkan," imbuh dia. [aji]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman