Rabu, 31 Desember 2014

Cuaca Mendukung, 69 Penyelam Siap Cari Bangkai AirAsia QZ8501 | JPNN.com

PANGKALAN BUN – Upaya pencarian pesawat AirAsia QZ8510 pagi ini (1/1) didukung cuaca yang cerah. Seluruh penyelam berangkat menggunakan Kapal Negara (KN) 101 SAR Purworejo yang baru didatangkan kemarin (31/12) dari Batam.


Kapal jenis Catamaran itu akan membawa para penyelam langsung ke titik penyelaman di Laut Jawa. ”Kami tidak merapat ke KRI Banda Aceh seperti rencana sebelumnya, melainkan langsung terjun dari kapal ini,” ujar Komandan Kompi Basarnas Special Group (BSG) Charles Batlajery.


Penyelam yang diterjunkan pagi ini berjumlah 69 orang. Terdiri atas personel BSG sebanyak 15 orang, Basarnas Aceh dan Pontianak (7), penyelam TNI AL (12), Kopaska (14), Denjaka (14), dan Taifib (7). Berbagai peralatan selam juga telah disiapkan, termasuk tiga alat Remote Operated Underwater Vehicle (ROV) yang akan menyurvey lokasi penyelaman. Alat tersebut disiapkan pula untuk mencari lokasi pasti bangkai pesawat Air Asia.


”ROV juga menentukan apakah di lokasi tersebut kedalamannya aman untuk diselami,” lanjut Charles. Apabila bangkai pesawat tersebut berada di kedalaman 40 meter atau kurang, maka para penyelam bisa masuk. Diperkirakan, masih ada sejumlah jenazah yang terjebak di pesawat dalam kondisi mengenakan sabuk pengaman.


Pantauan Jawa Pos yang direncanakan ikut serta dalam penyelaman, cuaca di Teluk Kumai, Kalteng, pagi ini cerah. Kapal bertolak pukul 07.20 dari pelabuhan Panglima Utar Kumai dan diperkirakan tiba di lokasi pukul 11.00. (byu/fal)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman