Selasa, 30 Desember 2014

Terpopuler - Melepaskan Diri dari Kegelisahan

TIDAK bersedih hati atas apa yang tidak dimiliki dan berbahagia atas apa yang dimiliki adalah tanda-tanda dasar orang yang zuhud dan qana'ah.


Zuhud adalah stasiun diri yang memungkinkan seseorang menjadi pengendali dunia, bukan dikendalikan oleh dunia. Sementara qana'ah adalah stasiun diri yang memungkinkan seseorang mensyukuri apa yang menjadi bagian jalan hidupnya.


Dua stasiun di atas adalah stasiun penting yang harus dimiliki agar mampu melepaskan diri dari keluhan dan kegelisahan. Pada tahapan selanjutnya, ketika dua stasiun ini sudah mapan dalam diri, sangat mungkin pemiliknya mendapatkan sertifikat sebagai orang yang mengetahui rahasia kehidupan.


Perlu kita belajar dan berguru kepada mereka yang telah memiliki sertifikat seperti itu. Belajar adalah proses memahami definisi dan teori, berguru adalah proses meniru dan meneladani.


Saat ini banyak sekali yang belajar, tapi tak berguru. Karena itu jangan kaget ketika ilmu pengetahuan semakin banyak bertebar, tapi keberkahan semakin tenggelam terkubur. Salam, AIM_Ponpes Kota Alif Laam Miim Surabaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman